Tuesday, January 29

Dukun Beranak

Bentar lagi anakku lahir. Biarpun ini pengalamanku yg ketiga nungguin anak lahir tapi rasanya deg2an juga.
Anakku yang pertama ama yang kedua lahirnya dengan bantuan "paraji" ato dukun beranak. Tolong kalo denger kata "dukun beranak" jangan bayangin nenek2 pake kaen trus mulutnya yang ngunyah sirih sibuk merapal mantra2. Kebanyakan mereka nenek2 pake kaen emang bener, tapi mereka nggak se horor yg suka dibayangin orang2. Justru biasanya mereka malah berhati emas. Beneran lho.... Bayangin Dukun beranak yg membantu persalinan anakku yg pertama (anakku yg pertama lahir nun jauh di pelosok kampung) usianya udah 90 tahun tapi fisiknya masih sehat. Dari orang2 yang udah dibantu dia nggak pernah minta upah, sedikasihnya aja. Kadang2 ada yg cuman bisa ngasih sekantong kecil beras, maklum di kampung, tapi tetep diterima dengan ikhlas. Ketika proses persalinan, mulutnya tak henti-hentinya berdzikir, berdoa, dan membesarkan hati si ibu yang mau melahirkan sehingga kuat hatinya. Pengorbanannya nggak kalah sama ibu Muslimah gurunya si Ikal dalam laskar pelangi. Dukun beranak yg menangani kelahiran anakku yg kedua pun nggak jauh beda. Makanya istriku "ketagihan" melahirkan dengan bantuan paraji. Lagian paraji2 sekarang udah mendapatkan bekal pendidikan kesehatan dari Dinas kesehatan setempat, jadi nggak sembarangan. Hidup paraji..!!

5 comments:

Anonymous said...

Gue waktu hamil Cora kemaren sempet rencana melahirkan di rumah sama bidan juga loh. Menurut gue emang bidan lebih pinter dan lebih gak sok tau kayak dokter. Gue malah gak suka ide melahirkan di rumah sakit, karena gue ngerasanya, gue mau melahirkan, gue bukan orang sakit, ngapain ke rumah sakit? Dan bener, biasanya bidan begitu udah modern kok, udah tau prosedur medikal. Tapi sayangnya emang si Cora gak mau kerjasama sih, pake acara sungsang segala, jadi ga dibolehin deh melahirkan di rumah.

Tapi mudah2an semuanya lancar buat persalinan istrimu! Hidup bidan!
-Cherrie

Anonymous said...

di sono emang ada bidan juga ya cher..? kirain cuman pada nglairin di RS doank.

Anonymous said...

Jangan salah, Belanda itu negara maju yg jumlah ibu2 melahirkan di rumah paling tinggi loh, 30% kelahiran di Belanda itu di rumah pake bidan. Menurut mereka karena kalo di rumah suasananya lebih nyantai dan familiar bagi si ibu, selama kehamilannya normal, biasanya lebih mudah, dan bayinya juga langsung berada di lingkungan rumah, bukan di rumah sakit yg banyak kuman asing.

Jadi inget waktu gue pertama kali ngeh hamil pergi ke dokter, pertanyaan pertamanya adalah 'Do you want to keep it?' (artinya: mau digugurin atau gimana?) Dan begitu gue bilang, iya, si dokter malah ngomong 'Lah kalo gitu ke praktek bidan aja, ngapain ke sini?' Hehehe...

Anonymous said...

Waduh yang mau punya momongan lagi.
Btw, aku belum cek istriku dah hamil apa tidak ya? Kok rasanya males aja cek2 itu... hi3x.

Doakan saya juga ya mas biar istriku melahirkan anak2 yang sholih n sholihah.

O ya, mudah2an sampeyan, maksudnya istri sampeyan lancar2 aja proses melahirkannya...

galih said...

Mas hery saya dengar dari istri saya, dari istri2 karkun waktu taklim masturoh, anak sampeyan yang baru lahir langsung meninggal? Jika benar, innalillahi wainna ilaihi roji'un. Mudah2an sama Allah SWT diberi kesabaran pada sampeyan dan istri, diberi keturunan yang lebih banyak dan lebih baik lagi, dan putranya yang meninggal menjadi tabungan di akherat kelak. Amiin.